Cara Merawat Tas Kulit Kesayangan

Perawatan tas berbahan kulit memerlukan penanganan khusus, yang tak bisa disamakan dengan Anda merawat tas berbahan kain atau yang lain. Tas kulit dengan kecenderungan harganya yang mahal harus dirawat dengan baik agar tidak sia-sia kita berinvestasi membelinya. Dengan perawatan yang benar, tas kulit akan selalu awet dan selalu terlihat baru. Perawatan tas kulit hanya mengacu pada dua hal utama yaitu memastikan tas kulit Anda selalu kering dan bersih dari kotoran. Dua hal tersebut kelihatannya sama seperti kita merawat tas berbahan kain, namun yang berbeda adalah cara penanganannya. Berikut adalah cara merawat tas kulit kesangan Anda:

1. Simpan tas kulit dalam kain tanpa menumpuknya
Tas kulit dimasukkan ke dalam kain/tas berbahan kain tanpa melipatnya. Menyimpan tas kulit dengan cara melipatnya akan merubah bentuk dasar tas tersebut. Cara yang paling aman adalah dengan menggantungnya. Mengapa harus didalam kain? Agar tas Anda tidak terkena debu yang ada di sekitar kita. Tas kulit tidak boleh ditumpuk dengan barang lain, termasuk tas kulit lainnya. Mengapa? Kebiasaan buruk ini akan mengubah bentuk tas kulit. Tentu Anda tidak ingin hal itu teradi, bukan?

2. Hindari minyak dan air
Tas kulit kesayangan Anda tidak boleh terkena tumpahan minyak atau air. Sifat minyak dan air akan merusak bahan dasar tas kulit. Bagaimana kalau sudah terlanjur atau karena kehujanan? Anda hanya perlu mengangin-anginkannya tak perlu dijemur. Angin-anginkan dengan ara digantung. Dan ingat, tak perlu menggosoknya dengan kain atau tangan.

3. Gunakan kondisioner khusus untuk membersihkan
Kondisioner khusus yang dijual di pasaran mungkin relatif mahal. Namun jangan khawatir, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara mencampurkan cuka dengan dua sendok Minyak Zaitun / Olive Oil. Oleskan hasil campuran tersebut dengan perlahan ke tas kulit Anda menggunakan kain microfiber apabila ada, atau kain lembut sebagai penggantinya. Setelah itu, diamkan tas kulit Anda sekitar satu malam lalu bersihkan dengan perlahan keesokan harinya dengan kain lembut yang kering.

4. Bersihkan noda/kotoran dengan alkohol atau baking soda
Jika tas kulit terkena kotoran, Anda bisa menggunakan alkohol atau baking soda untuk membersihkannya. Cukup dengan mengoleskannya ke tas kulit Anda. Jangan menggunakan bahan pembersih dari pelarut yang didapat dari minyak bumi, minyak munk, silicon, dan minyak-minyak sejenis. Yang perlu diingat adalah bahwa sifat dasar minyak dapat mengurangi kualitas bahan tas kulit.

5. Jaga kelembaban tas kulit
Kelembaban tas kulit dapat terkikis oleh pancaran sinar ultraviolet dari matahari. Oleh karena itu, hindari terkena sinar matahari langsung dan menyimpannya di tempat yang teduh. Dengan menjaga kelembaban tas kulit, maka Anda dapat terus mempertahankan kualitas tas kulit yang Anda beli.
Perawatan tas kulit secara tepat dan teratur dapat menghemat jutaan rupiah karena Anda tidak sering-sering membeli tas baru setiap tas yang Anda miliki rusak atau lusuh. Cara-cara diatas cukup mudah dilakukan dan hanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah pula didapatkan.

Sumber

0 comments: