Juara Borges Chef Cooking Competition


Puluhan chef dari berbagai institusi kuliner se-Jabodetabek dan Yogyakarta bertarung mendapatkan gelar juara. Mereka berusaha menghadirkan hidangan terbaik berbahan minyak zaitun di acara Borges Chef Cooking Competition 2012.

Hari itu, Rabu (16/5), atrium La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta, disulap menjadi arena masak. Sebanyak 24 chef profesional dari sekolah kuliner, hotel, restoran, dan katering mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh PT Prambanan Kencana selaku distributor Borges Olive Oil di Indonesia.

Para chef harus membuat hot appetizer menggunakan Borges Olive Oil dan minimal 2 produk dari Prambanan Kencana. Mereka diberi waktu 1 jam untuk membuat 3 porsi hidangan yang sama. Karena keterbatasan tempat, para chef dibagi menjadi 4 kelompok yang bergiliran memasak.

Ada empat kriteria penilaian di kompetisi ini. Rasa, kreativitas, kebersihan, serta penggunaan produk Prambanan Kencana menjadi komponen penting yang harus diperhatikan para peserta. 

Setelah mencicipi semua hidangan dari para kontestan, para juri memberikan ulasan secara menyeluruh. Di penghujung acara, tim juri yang terdiri dari Heru Johanes (Association of Culinary Professional/ACP), Mikael Robin (ACP), Ardi Nugroho (Prambanan Kencana), serta Odillia Winneke (Managing Editor Detikfood) mengumumkan juaranya.

Suharjon dari Amuz Gourmet Jakarta berhasil menempati peringkat pertama dengan skor 86,5. Hidangannya berupa 'Scallop with Light Cream Pistachio Sauce' sukses memukau para juri. Ia pun membawa pulang hadiah Rp 6 juta dan berkesempatan mendapat pelatihan kuliner di luar negeri.

Pemenang kedua diraih oleh M. Fasihullisan dari The Park Lane Hotel Jakarta dengan menu 'Baramundi Poach' (skor 85). Sementara itu, posisi ketiga diberikan kepada Janes Siahaan dari Grand Hyatt Jakartadengan hidangan 'Seafood Assiette' (skor 83,5). Masing-masing berhak atas uang senilai Rp 5 juta dan Rp 4 juta secara berurutan. Semua peserta pun mendapat sertifikat dan goodie bag.

Novi RismalaProduct Manager PT Prambanan Kencana, mengaku antusiasme terhadap acara ini sangat besar. "Seharusnya hanya 16 peserta yang akan bertanding, tapi karena tinggi peminat, kami akhirnya mengikutsertakan 24 kontestan," tuturnya.

Acara ini bukanlah yang pertama kali diadakan. Tahun lalu, Prambanan Kencana bekerjasama denganIndonesian Chef Association (ICA) menyelenggarakan kompetisi chef di Bali. "Rencananya tahun ini juga akan ada acara serupa di sana, tepatnya pada September dan Oktober," ujar Novi.

Borges Chef Cooking Competition 2012 diselenggarakan sebagai bagian dari ajang tahunan Jakarta Fashion and Food Festival 2012. Selain kompetisi memasak, ada pula talkshow kesehatan, demo masak, dan pameran produk-produk Prambanan Kencana.

0 comments: