Tips Membedakan Beras Asli Dengan Beras Plastik / Sintetis


Beras yang bercampur bahan plastik beredar di masyarakat. Jika dilihat secara sekilas memang wujud beras asli dengan plastik hampir sama, namun ada beberapa ciri untuk membedakannya.

"Untuk mengidentifikasi ini secara fisik memang terlihat sama tapi bagi mereka yang sudah terbiasa mengelola beras bisa membedakannnya. Pertama, dilihat secara bentuk, tampilan beras asli memiliki guratan dari bekas sekam padi," ucap Kepala Bagian Pengujian Laboratorium Sucofindo Adisam ZN. Sucofindo adalah BUMN di bidang bidang pemeriksaan, pengawasan, pengujian, dan pengkajian.

Hal itu disampaikan Adisam di acara pemberitahuan identifikasi dini untuk membedakan mana beras asli dan palsu di kantor Wali Kota Bekasi, Jl Ahmad Yani, Bekasi, Kamis (21/5/2015). Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Sementara untuk beras plastik pada bulirnya tidak terlihat guratan. Warnanya bening, bersih dan mengkilat. "Kalau beras palsu bentuknya agak lonjong dan tidak memiliki guratan dari bekas sekam padi," jelas Adisam.

Ciri kedua beras plastik kalau dipatahkan akan pecah menjadi bentuk kecil-kecil sedangkan beras asli kalau dipatahkan hanya terbelah menjadi dua..

"Selain itu kalau beras asli direndam di dalam air maka beras tidak mengapung, sedangkan beras plastik di dalam air akan mengapung," ujarnya.

"Ciri keempat adalah jika dibakar beras plastik akan meleleh dan akan beraroma plastik," ucapnya.

0 comments: